Nullable Types di Kotlin


Ketika mengembangkan sebuah program, ada satu hal yang tak boleh kita abaikan. Ia adalah NullPointerException (NPE), sebuah kesalahan yang terjadi saat ingin mengakses atau mengelola nilai dari sebuah variabel yang belum diinisialisasi atau variabel yang bernilai null
Karena sangat umum terjadi dan bisa berakibat fatal, NPE terkenal dengan istilah “The Billion Dollar Mistake”.
Dalam penanganannya, kita harus berhati-hati karena NPE menyebabkan aplikasi yang kita kembangkan, rusak saat dijalankan.
Pada Kotlin kita dimudahkan untuk mengelola variabel nullable sehingga dapat meminimalisir terjadinya NullPointerException. Kotlin hadir dengan penanganan nullability yang mudah. Kotlin mampu membedakan objek yang boleh bernilai null dan objek yang tidak boleh bernilai null pada saat objek tersebut dibuat. 

  1. val text: String = null // compile time error


Kotlin akan memaksa kita untuk menentukan nilai awal dari sebuah objek ketika dibuat dan tidak boleh bernilai null. Jika  ingin sebuah objek bisa bernilai null, kita bisa menambahkan tanda ? setelah menentukan tipe dari objek tersebut:

  1. val text: String? = null // ready to go


Namun kita tidak bisa langsung mengakses atau mengelola nilai dari objek yang sudah kita tandai sebagai nullable. Sebagai contoh:

  1. val text: String? = null

  2. val textLength = text.length // compile time error


Ketika kita menuliskan kode di atas, maka akan gagal dikompilasi dengan log eror berikut:
Error:(4, 26) Kotlin: Only safe (?.) or non-null asserted (!!.) calls are allowed on a nullable receiver of type String?
Lalu bagaimana cara kita mengakses atau mengelola nilai dari objek yang ditandai sebagai nullable? Cara mudahnya, periksa objek tersebut apakah bernilai null atau tidak: 

  1. val text: String? = null

  2.  

  3. //val textLength = text.length // compile time error

  4.  

  5. if (text != null){

  6.     val textLength = text.length // ready to go

  7. }


Dengan cara tradisional menggunakan if/else seperti di atas, kompiler akan mengizinkan kita untuk mengelola nilai dari sebuah variabel yang kita tandai sebagai nullable.
Pada modul selanjutnya kita akan mempelajari penanganan objek yang ditandai sebagai nullable dengan cara yang lebih mudah. Kita akan menggunakan Safe Calls dan Elvis Operator di Kotlin

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post