Apa itu CORS di Javascript?

Sebelum kita mencoba langkah-langkah mengakses Web API, ada hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu perihal keamanan. Dalam transaksi menggunakan Web API menggunakan AJAX kita dapat melihat request yang dibuat dan response yang dihasilkan melalui Network tabs pada DevTools.

20200313224809099128c193bbc451d3759397de0d6025.png
Hal tersebut disebabkan AJAX diproses pada sisi client sehingga pengguna dapat leluasa untuk melihat dan mengontrolnya. Maka dengan alasan keamanan ketika kita melakukan AJAX baik menggunakan dengan XHR atau Fetch, kita hanya diperbolehkan melakukan request dari domain yang sama.
Contoh jika kita ingin mengakses API yang bersumber dari google.com/api maka kita sebagai client perlu menjadi google.com. Jika kita berasal dari domain yang berbeda, contohnya bing.com maka kita tidak dapat menggunakan AJAX pada google.com/api. Hal ini dikenal sebagai same-origin policy.
Namun jika memang Web API tersebut diperbolehkan untuk dikonsumsi umum berarti penyedia data harus menerapkan teknologi yang dinamakan CORS (Cross-Origin Resource Sharing) pada server-nya. Server yang menyediakan Web API menggunakan CORS dapat digunakan secara umum dan mengelakkan kebijakan same-origin guna mengakses informasi yang ada di dalamnya

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post