Belajar Fundamental Aplikasi Android Dasar


Modul 1 Fundamentals


Modul pertama yang akan Anda pelajari adalah komponen-komponen dasar dari sebuah aplikasi Android. Beberapa komponen dasar dari Android seperti berikut :

  1. Activity
    Merupakan satu komponen yang berhubungan dengan pengguna. Activity menangani window (tampilan) mana yang akan di tampilkan ke dalam interface (antarmuka).
    Activity memiliki daur hidup (life cycle) tersendiri yang dimulai dari onCreate hingga onDestroy.
    20170703073131aeda7a107124e97dffabaf3361a6fbdb.png
  2. Intent
    Komunikasi antar komponen di dalam sebuah aplikasi merupakan hal yang sangat sering dilakukan. Inilah peran dari suatu intent. Beberapa fungsi dari intent adalah dapat digunakan untuk menjalankan sebuah activity, mengirimkan pesan ke broadcast receiver, dan dapat juga digunakan untuk berkomunikasi dengan service yang sedang berjalan.
  3. Fragment
    Merupakan komponen view yang fleksibel dan dapat disisipkan pada sebuah tampilan dari activity. Fragment memiliki daur hidup sendiri sehingga tidak tergantung pada activity yang disisipkan. Fragment digunakan untuk memecah komponen pada aplikasi agar bisa lebih fleksibel dan mudah untuk digunakan.
  4. Threads
    Semua proses yang ada di dalam sebuah aplikasi ada di dalam thread. Secara default, proses yang tampil di layar merupakan proses yang ada di dalam main thread / ui thread.
    Bukan hanya main thread saja yang bisa kita gunakan, kita bisa membuat thread baru yang terpisah dari main thread agar tidak menggangu proses rendering tampilan di layar. Beberapa komponen yang bisa Anda gunakan adalah seperti handler dan asynctask.
    201707030732560ac37d7313a06223cf91da1bab31c868.png
  5. Service
    Service merupakan komponen tidak terlihat yang dapat digunakan untuk menjalankan suatu proses di dalam aplikasi. Service biasanya digunakan untuk menjalankan proses yang memakan waktu lama atau yang membutuhkan komputasi intensif. Contohnya adalah pemutar musik dan blocking operation untuk networking.
  6. Receiver
    Receiver menggunakan pola publish-subscribe. Ketika terjadi sebuah event dibangkitkan (di-publish), komponen lain yang telah mendaftar untuk mendengarkan event tersebut (subscribed) dapat menjalankan perintah-perintah tertentu.

Beberapa poin di atas hanyalah pengenalan terhadap komponen-komponen yang akan kita pelajari di dalam modul Fundamentals. Penting untuk memahami komponen-komponen dasar Android ini, sebelum melangkah materi mendalam berikutnya, menuju target Menjadi Android Developer yang Expert.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post