Pengenalan Architecture Component


Pada modul Pengenalan ini, Anda akan memplajari tentang Architecture Pattern khususnya Architecture Component yang merupakan buatan dari Google dalam Google I/O 2017.


Beberapa komponen yang akan dibahas dalam modul ini adalah:
  1. Architecture PatternArsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Semua orang bisa merancang bangunan, mempunyai pintu, jendela, atap dan komponen lainnya. Namun tak semua orang bisa merancang bangunan dengan baik. Itulah kenapa, arsitektur sangat penting dalam merancang bangunan. Memposisikan pintu, jendela dan komponen lain pada tempatnya, bukan semata-mata untuk tampilan. Melainkan juga untuk kenyamanan orang orang yang menempati bangunan tersebut. Demikian halnya Android development. Saat mendesain sebuah aplikasi, Anda harus mampu menerapkan arsitektur dengan baik.
  2. Android Architecture Components   
    Sebelumnya, Anda sudah mempelajari bagaimana konsep pattern dalam membangun software. Kini Anda akan mempelajari Android Architecture Components sebagai salah satu pattern yang dikeluarkan oleh Google. Android Architecture Components adalah kumpulan library yang membantu Anda untuk merancang aplikasi yang kuat, dapat diuji, dan dapat dikelola dengan mudah.
  3. ViewModel
    Kelas ViewModel dirancang untuk menyimpan dan mengelola UI. Kelas ViewModel memungkinkan kita untuk dapat mempertahankan data ketika terjadi configuration changes seperti merotasi layar.

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post