Teori Dasar Testing Aplikasi Android Jetpack


Testing

Sebelum Anda memulai kelas Android Jetpack, alangkah baiknya Anda mempelajari materi tentang Testing. 

Pengujian adalah bagian terpenting dari sebuah pengembangan aplikasi atau perangkat lunak, terutama guna memastikan kode Anda terukur dan mudah dipelihara di kemudian hari. Pengujian dalam sebuah pengembangan aplikasi merupakan sebuah cara yang dilakukan dengan dua tujuan. 
  • Pertama, untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas dari aplikasi tersebut. 
  • Kedua, untuk memastikan apakah aplikasi sudah berjalan sesuai dengan kebutuhan.
Dengan melakukan pengujian komprehensif terhadap fitur-fitur dari aplikasi, kita berharap bisa mendapatkan pandangan mengenai aplikasi secara objektif.  Selain itu juga dengan melakukan pengujian yang sesuai, kita akan bisa mengidentifikasi jika terdapat suatu celah atau bug di dalam aplikasi. 
Pengujian aplikasi bukanlah hal yang mudah, karena ini merupakan disiplin tersendiri di dalam proses pengembangan aplikasi. Kegagalan dalam melakukan pengujian aplikasi dapat menyebabkan produk yang dihasilkan tidak berjalan dengan baik. Alih-alih, kegagalan pengujian bisa berdampak buruk pada sisi bisnis. Saat ini hampir setiap perusahaan aplikasi menempatkan pengujian sebagai hal utama yang wajib dilakukan dalam proses pengembangan aplikasi.
Oleh karena itu, modul ini akan memberikan gambaran tentang proses pengujian aplikasi Android. Yang dimaksud pengujian di sini bukanlah pengujian yang dilakukan secara manual oleh manusia, melainkan adalah sebuah pengujian otomatis yang dilakukan oleh mesin. Terdapat dua jenis pengujian pada pengembangan aplikasi Android, yakni Unit Testing dan Integration Testing
  1. Unit Testing
    Unit Testing merupakan sebuah pengujian yang memvalidasi unit kode secara individual. Tujuan dari unit testing adalah untuk memastikan bahwa setiap unit perangkat lunak dapat berjalan sesuai fungsi yang sudah ditentukan. Telah disebutkan sebelumnya bahwa di dalam unit test, kita tidak memerlukan perangkat Android atau emulator untuk menjalankan pengujian, melainkan IDE (Android Studio) saja. Kemudian hasil dari pengujian akan ditampilkan pada konsol Android Studio.

    Unit Testing terletak pada direktori module-name/src/test/java/.
    Tes ini berjalan pada Local JVM dan tidak mempunyai akses ke API Android Framework.
  2. Instrumentation Testing
    Instrumentation Testing merupakan sebuah pengujian yang berjalan pada perangkat atau emulator dengan memanfaatkan Android framework APIs dan API pendukung lainnya, seperti Android Testing Support Library. Instrumentation Testing berbeda dengan Unit Testing. Mudahnya, Instrumentation Testing melakukan pengujian pada UI yang ada pada aplikasi Android, sedangkan Unit Testing melakukan pengujian pada suatu fungsi-fungsi yang kecil.

    Instrumentation Testing terletak pada direktori module-name/src/androidTest/java/.
    Test ini harus berjalan pada peranti Android atau emulator.
2019031817530897dd0e7ea08d38e3d49bd4ec408210d0

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post